Sat Lantas Polres Blora Himbau Siswa SMA/SMK Tak Konvoi Saat Merayakan Kelulusan

Hari ini Selasa, 02 Mei 2017 pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) siswa tingkat SMU/SMK sederajat yang akan diumumkan pada pukul 15.00 WIB. Satlantas Polres Blora dan Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat, kompak melarang keras para pelajar SMA yang masih nekat melakukan konvoi dengan menilang dan mengangkut kendaraan yang dipakai.

Polisi Sat Lantas Polres Blora memastikan akan menindak tegas siswa yang berkonvoi. Sejumlah personil ditempatkan di beberapa titik guna antisipasi konvoi sudah dipetakan. Kapolres Blora, AKBP Surisman, S.I.K,M.H melalui Kasatlantas AKP Febriyani Aer S.I.K menegaskan, kalau pihaknya dengan keras melarang perayaan kelulusan dengan menggelar konvoi bersama. Terutama konvoi hingga ke jalan raya protokol. Sebab, itu sangat membahayakan dan mengganggu bagi pengguna jalan lainnya.

“Kalau konvoinya tertib, kami tidak akan melarang atau menindak. Masalahnya, konvoi itu biasanya identik dengan knalpot protolan, tidak pakai helm dan ugal-ugalan. Kita juga telah siagakan prsonil di beberapa titik untuk pengamanan antisipasi konvoi kelulusan,” kata Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer S.I.K.

Dijelaskan, antisipasi dan pencegahan terjadinya konvoi oleh siswa yang merayakan kelulusan, telah dilakukan pihaknya. Diantaranya yaitu mulai himbauan ke sekolah-sekolah, sampai melayangkan surat kepada Dispendik, untuk memperhatikan cara pengumuman serta perayaan kelulusan siswa SMA nantinya. Dengan harapan ikut serta dalam pencegahan dan antisipasi konvoi.

“Kami akan berusaha untuk bertindak preventif. Tetapi, di saat mereka konvoi berada di jalan raya dan ugal-ugalan. Tentunya akan langsung kami tindak dengan surat tilang. Sebab, nanti tiap persimpangan akan ada petugas yang menjaga, supaya mereka tidak sampai konvoi di jalan raya,” tegasnya.

Masih menurut AKP Febriyani Aer, S.I.K, pihaknya kawatir dengan konvoi kelulusan justru membahayakan peserta konvoi itu sendiri. Selain itu, kendaraan yang digunakan untuk konvoi biasanya tidak sesuai dengan spektek kendaraan yang telah ditentukan.

Untuk itu, Kasat Lantas Polres Blora berharap, agar para siswa yang sedang merayakan kelulusan tidak melakukan konvoi dijalan, karena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan pengendara lain. Alangkah lebih baiknya, jika kelulusan dirayakan dengan hal-hal yang positif.

“Silahkan rayakan dengan cara lain atau dengan cara positif yang tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Jangan coba-coba konvoi jika tidak ingin kena tilang dan kita angkut kendaraannya,” pungkas AKP Febriyani Aer, S.I.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *